Aplikasi Penghitung Langkah: Berapa Langkah Per Hari

penghitung langkah

Adakah dari Anda merasa kurang olahraga? Bila iya, Anda bisa mencobanya dengan olahraga yang sederhana, seperti berjalan kaki atau lari/jogging. Meskipun sering diabaikan, nyatanya berjalan kaki bisa juga merupakan salah satu bentuk olahraga sederhana yang dapat membakar kalori berlebih dalam tubuh, menambah stamina, dan terutama membuat jantung lebih sehat.

Tak hanya itu, berjalan kaki dalam jumlah langkah tertentu setiap harinya juga bisa mengurangi resiko kerapuhan tulang dan penyakit sendiri saat usia senja. Mendapatkan manfaat jangka panjang dengan kebiasaan baik yang dilakukan sejak usia muda adalah hal yang menyenangkan. Lantas, berapa banyak langkah per hari yang direkomendasikan agar tubuh kita sehat dan bugar?

Sebenarnya tidak ada patokan khusus untuk jumlah langkah yang menyehatkan. Meski demikian, Physical Activity Guidelines Amerika Serikat merekomendasikan agar orang dewasa melakukan latihan aerobik kurang lebih 150 menit per minggunya dnegan intensitas sedang atau sekitar 75 menit per minggu. Jika dikonversikan dalam bentuk jumlah langkah, maka untuk memenuhi rekomendasi tersebut Anda perlu berjalan kaki sekitar 7000 sampai 8000 langkah sehari.

Beberapa pakar kesehatan lainnya menyatakan pendakatan yang agak berbeda, bahwa berjalan 10.000 langkah sehari benar-benar akan memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa untuk tubuh Anda. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang menyebutkan, berjalan 10.000 langkah sehari bisa menurunkan tekanan darah setelah 24 minggu.

Ya, seperti yang dijelaskan pada dasarnya tidak ada acuan pasti berapa langkah per hari yang harus Anda lakukan untuk berjalan kaki. Hanya saja, banyak pakar yang sepakat, bahwa semakin banyak aktivitas yang Anda lakukan, maka akan semakin banyak pula manfaatnya untuk kesehatan. Karena dengan banyak bergerak, metabolisme tubuh menjadi bekerja secara optimal.

Baca Juga :  Video Editing Software Free Download Full Version

Cara Menghitung Langkah Per Hari dengan Penghitung Langkah

Bagi mereka yang banyak melakukan aktvitas yang memungkinkannya untuk bergerak, rata-rata orang bisa berjalan 3.000 sampai 4.000 langkah per hari. Untuk mengetahui berapa langkah Anda berjalan per hari, Anda bisa mengetahuinya dengan alat penghitung langkah. Ada berbagai macam alat penghitung langkah yang biasa digunakan banyak pelari, atlet, atau orang biasa. Namun, yang paling sering digunakan adalah pedometer dan aplikasi smartphone.

Pedometer adalah sebuah alat elektronik yang digunakan sebagai penghitung langkah seseorang saat berjalan maupun berlari. Pilihan lainnya, ada aplikasi untuk lari atau berjalan yang bisa diunduh di smartphone.

Sebetulnya, kedua cara ini bukanlah sebuah ukuran kualitas latihan yang akurat. Kedua cara ini juga tidak tepat jika dijadikan patokan aktivitas fisik Anda. Jadi, guna metode ini sebetulnya hanya salah satu cara agar Anda lebih antusias dan menjadi penyemangat untuk tetap bergerak dan melakukan aktivitas olahraga, seperti berjalan dan jogging. Bagaimana untuk Anda yang sibuk dan sehari-harinya bekerja di kantor?

Jangan khawatir, Anda bisa lakukan dengan aktivitas lainnya. Misalnya, pergi ke kantor dengan memanfaatkan trasportasi umum, sehingga Anda terpaksa akan naik-turun angkutan umum dan berjalan dari halte menuju kantor. Selain itu, jika digedung Anda terdapat pilihan antara tangga dan lift, usahakan untuk memilih menggunakan tangga daripada lift atau eskalator. Jangan lupa untuk merencanakan jalan-jalan ke tempat dengan udara segar, seperti area pesawahan atau kebun binatang agar aktivitas olahraga Anda lebaih optimal.