Demi Keamanan, Berikut Cara Memilih Stop Kontak Berkualitas

Elektrifikasi merupakan salah satu hal yang paling penting di dalam instalasi rumah. Selain fungsinya untuk menerangi dan memberikan daya terhadap alat-alat serba elektronik, elektrifikasi juga perlu diperhatikan keamanannya. Hal itu bukan main-main. Sebab, kesalahan kecil dapat menyebabkan kecelakaan yang mungkin tidak terduga dan membahayakan keselamatan keluarga. Salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam instalasi elektrifikasi rumah yang menyangkut keamanan dan keselamatan keluarga adalah pemilihan stop kontak.

Memilih stop kontak dan menginstalnya dalam rumah adalah hal yang harus diperhatikan dengan penuh kehati-hatian. Salah sedikit bisa terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Karena itu, memilih stop kontak listrik yang bagus juga aman adalah prioritas untuk keamanan dan kenyamanan listrik di rumah.

 

Stop kontak sendiri ada banyak macamnya. Pada intinya, stop kontak, atau saklar atau colokan, adalah tempat menghubungkannya arus listrik ke peralatan elektronik yang terinstal di rumah atau yang kamu miliki. Salah satu stop kontak yang sangat dibutuhkan yang berupa saklar lampu dan colokan listrik, baik yang tertanam utama di rumah ataupun yang portabel. Dalam tulisan ini, kami akan memberikan tips memilih stop kontak yang bagus untuk diinstal di rumah kamu. Bagaimana caranya? Langsung saja kita simak paparan berikut ini.

 

  • Mengecek saklar

Salah satu cara untuk memastikan kualitas sebuah saklar itu baik atau buruk dapat dilakukan dengan menekan rocker atau tombol saklar tersebut. Saklar yang memiliki kualitas baik, pada umumnya cenderung mempunyai tekanan lembut dengan sedikit bunyi “klik” pada saat ditekan tombol on ataupun off.
Hal ini mengisyaratkan pegas di dalam saklar merupakan pegas yang berkualitas, yakni terbuat dari bahan yang lunak. Dengan begitu, kelenturannya tidak akan berkurang walaupun pegas sudah terpakai dalam frekuensi yang cukup lama.

Baca Juga :  Aplikasi Penghitung Langkah: Berapa Langkah Per Hari

Selain itu, cara ini juga dapat menandai bagus atau tidaknya tuas kontak dan contact point di dalam saklar. Jika efek ditekan berasa lembut, dapat ditengarai bahan yang digunakan adalah tembaga murni dengan contact point yang berlapiskan perak. Bahan tersebut dapat mengurangi dampak percikan berlebihan yang bisa menimbulkan efek tidak diinginkan.

 

  • Cek kekuatan terminal kabel

Hal yang juga sangat perlu dilakukan adalah mengecek kualitas saklar dengan mengecek kekuatan terminal kabelnya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menusukkan sebatang kabel yang sejenis NYA ke dalam lubang terminal. Kemudian ditarik. Pada kondisi tersebut, kabel tidak mudah terlepas dari lubang terminal saklar. Cara melepasnya adalah dengan menekan isolator. Isolator yang berkualitas adalah yang dapat ditekan berulang kali tanpa mengurangi kekuatan terminal kabel.

 

  • Cek dengan plug atau stecker

Cara berikutnya adalah dengan mengambil sebuah plug atau stecker. Plug tersebut dihubungkan atau ditusuk. Lalu, lepaskan/cabut plug atau stecker tersebut dari stop kontak secara berulang kali. Jika stop kontak tersebut berkualitas baik, daya cengkram plug tidak akan berkurang, walaupun telah digunakan dalam frekuensi yang tinggi.

 

  • Uji kelenturan dari busur arde

Cara terkhir adalah dengan menguji kelenturan dari busur arde yang terdapat pada stop kontak, yakni dengan menekan busur arde. Stop kontak yang berkualitas bagus, memiliki kelenturan busur arde yang tetap terjaga meski digunakan dalam frekuensi yang tinggi. Busur arde adalah tempat untuk membuang tegangan yang bocor yang disebabkan oleh induksi tegangan peralatan listrik ke ground saat aktif bekerja. Dengan pembuangan tegangan bocor, diharapkan sengatan listrik kecil pada saat peralatan listrik dapat menghilang.

Nah, itu tadi paparan mengenai cara memilih stop kontak yang bagus. Keamanan dan kenyamanan kan instalasi elektrifikasi di rumah sangatlah penting. Oleh karena itu, stop kontak yang bagus adalah salah satu kunci utama keamanan elektrifikasi di rumahmu. Kalau kamu sudah tahu betapa pentingnya itu, kini giliran kamu untuk peduli dan memilih. Selamat memilih. Stay safe, stay comfort!

 

Baca Juga :  6 Rekomendasi Kulkas Hemat listrik yang Bisa dibeli Saat Harbolnas Tiba