5 Warung Pecel Lele Legendaris di Ibu Kota

Warung pecel lele adalah salah satu tempat makan yang paling banyak ditemui di ibu kota. Rasanya, dalam satu RW saja pasti kita bisa menemukan depot makan dengan menu yang sederhana ini. Biarpun resep pecel lele sederhana, kekuatan utama dari warung penyaji masakan khas Jawa Timur ini ada pada sambalnya. Setiap warung akan menyajikan cita rasa sambal berbeda, sesuai dengan nilai-nilai yang dibawa si empunya warung. Bahkan, beberapa kini juga punya olahan bakar atau krispi, alih-alih hanya sekedar lele goreng.

Di Jakarta sendiri, entah ada berapa ratus depot yang siap memenuhi ekspektasi perutmu, di kala bingung ingin makan apa di malam hari. Namun dari sejumlah depot yang bisa kamu temui di Jakarta, hanya segelintir yang secara konsisten menghadirkan olahan daging lele terbaik, sehingga mereka mampu menjadi legenda di kelasnya.

Jika kamu adalah warga ibu kota, coba simak daftar warung pecel lele paling legendaris berikut!

5 Warung Pecel Lele Legendaris di Ibu Kota

  1. Pecel Lele Permata Mubarok

Tidak bisa dipungkiri, bahwa warung Pecel Lele Permata Mubarok harus ada dalam daftar warung pecel lele legendaris yang ada di Jakarta. Meskipun tampak hanya sebagai warung tenda, tempat makan ini mampu menyediakan sedikitnya 350 porsi per malam! Yang membuat Permata Mubarok masih eksis sampai saat ini, adalah daging lele yang relatif besar dengan daging yang cukup tebal. Secara default, kamu akan disuguhi ikan lele yang digoreng kering hingga kepalanya pun bisa kamu makan. Selain itu, di sini kamu bisa memilih tiga buah sambal, yakni sambal manis, sambal sedang, dan sambal super pedas. Dan satu lagi, di sini juga menyediakan kol goreng sebagai lalapan.

Baca Juga :  Mudah dan Praktisnya Membuat Nasi Liwet Tanpa Kompor

Lokasi: Jalan Mesjid At-Taqwa No.7, Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat

  1. Sambel Setan Ibu Mut Pejomongan

Mengandalkan sambal super pedas yang dikenal dengan sambal setan, warung makan Ibu Mut ini juga menyediakan olahan lele yang cukup menarik. Termasuk sebagai pelopor sambal ekstra pedas di kawasan Jakarta, olahan pecel lelenya siap menemani kulineran malammu dengan gemilang. Meskipun lele di sini tidak terlalu besar, bumbunya cukup terasa sehingga pas dikombinasikan dengan pedas dari sambalnya secara sempurna

Lokasi: Jalan Pejernihan I, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat

  1. Lele Bakar 88

Berbeda dari kebanyakan warung lele yang menyediakan ikan lele gorengnya, lele bakar 88 merupakan pelopor masakan lele bakar yang legendaris di Jakarta. Pemilihan bumbu pedas manisnya sangat menarik jika dikombinasikan sambalnya yang juga tidak terlalu pedas. Jika kamu ingin menu lain, di tempat ini juga menyediakan lele goreng berbumbu salted egg loh!

Lokasi: Jalan Danau Sunter Utara, Blok J12 No. 3, Sunter, Jakarta Utara

  1. Lele Crispy Tebet

Konsep berbeda juga coba ditawarkan oleh salah satu warung makan di Tebet, dengan memadukan renyahnya bubuk krispi homemade yang dibalut pada ikan lele goreng milik kedai ini. Tidak hanya mengandalkan kekuatan krispinya, warung Lele Crispy Tebet juga menawarkan pilihan sambal yang beragam, mulai dari sambal cabe ijo, sambal terasi, sambal bawang, serta sambal tomat. Ditambah, kamu juga bisa memilih beberapa varian nasi yang disediakan oleh depot yang satu ini.

Lokasi: Jalan Tebet Barat 4 No. 12, Tebet, Jakarta Selatan

  1. Warung Pecel Lele Gunung Sahari

Nah kembali pada sajian klasik pecel lele, Warung Pecel Lele Gunung Sahari adalah salah satu tempat makan legendaris yang wajib kamu kunjungi untuk merasakan rasa otentik dari lele goreng gurih dengan sambal terasi yang begitu klasik. Dengan tambahan lalapan segar plus petai pilihan, warung ini selalu ramai dikunjungi pengunjung bahkan hingga mengantre!

Baca Juga :  4 Kopi Sachet Terbaik yang Aman untuk Lambung

Lokasi: Jalan Gunung Sahari Raya Blok A No.13, Pademangan, Jakarta Utara

Itulah daftar 5 warung pecel lele legendaris di Jakarta yang wajib kamu kunjungi, setidaknya sekali seumur hidup. Jadi, selamat berburu!