Gunung Pancar Sentul: Wisata Nuansa Alam Ramah Kantong

Tidak dapat dipungkiri bahwa kehidupan kita semakin ke sini menjadi semakin keras dan cenderung monoton. Bekerja dalam tekanan, berkejar-kejaran dengan deadline, siap menerima omelan klien, atau juga teguran atasan. Oleh sebab itu, refreshing dengan kembali ke alam adalah salah satu cara terbaik untuk mempertahankan kewarasan di tengah badai rutinitas tersebut. Maka, berkunjung ke Gunung Pancar mungkin bisa sesekali dicoba, khususnya bagi warga ibu kota, ketimbang bermacet-macetan menuju puncak di akhir pekan.

Pada artikel kali ini, kita akan coba membahas salah satu tempat wisata yang cukup sepi peminat tapi sebenarnya merupakan tempat yang asyik dan sangat direkomendasikan untuk disinggahi. Inilah Gunung Pancar, sebagai pesona alami Sentul.

Jadi, Gunung Pancar ini terletak di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Provinsi Jawa Barat. Atau lebih gampangnya: Sentul. Tak lain karena lokasinya yang berdekatan dengan Sentul City. Dari informasi Google Map, wisata Gunung Pancar bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi beroda 4, melalui toll Jagorawi dari Jakarta. Cukup menempuh sekitar 90 menit perjalanan dengan lalu lintas normal, dengan keluar di pintu tol Sentul Selatan (tepat seteleh pintu toll Circuit Sentul dari arah Kota Jakarta). Dari Sentul pun, cukup mengikuti petunjuk arah menuju Jungle Land, dan kamu akan tiba di Kawasan berketinggian 300-800 mdpl yang terbilang sejuk tapi tidak terlalu dingin. Pas!

Lantas, apa saja yang bisa dinikmati di kawasan wisata Gunung Pancar?

Gunung Pancar Sentul: Wisata Nuansa Alam Ramah Kantong

  1. Hutan Pinus

Hutan Pinus itu terdengar sederhana. Tapi begitu kamu menginjakkan kaki di Kawasan hutan pinus yang tertata rapi dan lebat, ditambah kepuasan menghirup udara nan bersih dan asri, rasa bebas dan plong akan segera merasuk ke dalam sanubari. Istimewanya tempat ini adalah kerapatan dari pohon pinus yang terbilang tinggi. Menambah nuansa alami ala-ala pulai Nami yang ada di drama Korea gitu deh.

Dengan nuansa yang ditawarkan ini, tak jarang kamu akan menemukan pasangan yang lagi foto prewed di sini. Belum lagi tiket yang Cuma 10 ribu rupiah per orang, membuat tempat ini layak untuk dikunjungi. Oh iya, tidak hanya sekedar hutan, Kawasan wisata pohon pinus di Gunung Pancar ini juga memberikan fasilitas untuk camping ground dan tempat makan loh! Selain itu, Kawasan hutan pinus ini juga sangat terkenal untuk kegiatan corporate team building dan zona Fun Games-nya.

  1. Air terjun yang tersembunyi

Ada beberapa air terjun atau lebih dikenal dengan istilah curug di kawasan Gunung Pancar yang amat menarik untuk dijelajahi. Yang pertama adalah Curug Zigzag, yang sebenarnya bukan nama asli. Curug kecil ini belum bernama official, tapi karena aliran airnya berkelak-kelok akibat bebatuan, penjelajah menamainya demikian. Karena merupakan hidden gems, air di curug ini sangat jernih dan sejuk. Nah, beberapa meter dari curug itu, terdapat Curug Hordeng.

Yup, dalam bahasa Sunda sendiri, hordeng berarti tirai penutup jendela, yang menggambarkan aliran air dari curug ini. Curug Hordeng mengalir bak sebuah tirai alami yang menjuntai indah. Keistimewaan lain dari curug ini adalah adanya kolam luas dengan dinding bebatuan yang memiliki kedalaman 2 hingga 2.5 meter, sehingga dapat dijadikan sebahai wahana aktivitas air sendiri.

Kalau mau yang lebih ekstrem, ada Curug Ciburial yang kedalamannya mencapai 5 meter! Nah, Curug terakhir adalah Curug Kembar, yang sesuai dengan namanya, dihiasi oleh dua buah air terjun berdekatan satu sama lain. Nuansa alami benar-benar masih kental di antara air terjun ini.

  1. Pemandian Air Panas

Nah yang terakhir setelah berdingin-dingin ria, adalah berendam dengan air panas alami yang akan menyempurnakan liburanmu kali ini. Di Kawasan wisata di Sentul ini terdapat pemandian air panas terbuka yang tiket masuknya hanya Rp 10.000,- saja!

Namun jika ingin yang lebih privat, kamu juga bisa menyewa kolam rendam keluarga dengan harga Rp 100.000,- yang bisa dinikmati untuk 4-6 anggota sanak famili atau teman berpetualangmu!

Itulah wisata alam Gunung Pancar Sentul yang wajib benar untuk kamu kunjungi, demi menyegarkan kembali otak yang dipenuhi beban kerjaan. Selamat berlibur!